Logo yang baik adalah logo yang mudah dikenali, mencerminkan pesan merek Anda dengan baik serta membuat merek anda menonjol di antara merek pesaing lainnya. Logo yang efektif akan terlihat profesional dan sangat cocok dengan identitas dari merek tersebut.

Logo yang bagus juga perlu berfungsi dalam berbagai ukuran pada berbagai media yang anda inginkan. Intinya, logo yang bagus adalah logo yang unik dan khas, mudah diingat, bekerja dalam berbagai ukuran dan di mana saja, mencerminkan identitas merek dengan baik, serta tidak dimakan waktu.

Tapi bagaimana cara membuat logo yang bagus? Seperti yang sudah disebutkan di atas, ada begitu banyak unsur yang harus dipenuhi untuk menjadi sebuah logo yang bagus. Oleh karena itu, banyak perusahaan yang lebih memilih menggunakan jasa profesional, yakni jasa pembuatan desain logo untuk memperoleh hasil desain logo yang optimal.

Hasil desain logo yang dibuat oleh jasa pembuatan logo tentunya akan mencerminkan logo yang dibuat secara profesional oleh orang yang berpengalaman di bidangnya. Namun tentu saja tidak semua jasa pembuatan logo memiliki kualitas yang sama. Cara termudah untuk mengetahui bahwa penyedia jasa pembuatan logo tersebut adalah penyedia jasa yang profesional dan handal adalah dengan melihat portofolio dari penyedia jasa pembuatan logo tersebut.

Logo yang berkualitas akan menarik perhatian anda kurang dari 2 detik. Melalui logo yang berkualitas, anda juga dapat mengetahui bidang industri logo tersebut diperuntukkan, sebagai contoh, logo produk anak-anak biasanya akan terlihat imut dan manis. Logo yang bagus juga mudah diingat. Jadi jika logo yang anda lihat pada portofolio tersebut terus tengiang-ngiang di otak anda, maka mungkin pemilik portofolio tersebutlah yang paling sesuai untuk membuat logo anda.

Namun, menggunakan jasa pembuatan logo tidak berarti anda dapat berpangku tangan dan menerima hasil jadinya. Anda tetap harus mengambil peran aktif dalam memberikan informasi tentang ciri khas merek anda, apa yang membedakan anda dari pesaing dan apa saja kelebihan merek anda. Anda juga harus menjabarkan pesan-pesan apa saja yang anda ingin konsumen terima dari melihat logo anda.

Saat anda telah menerima desain jadi dari penyedia jasa pembuatan logo tersebut, anda juga tetap harus mengevaluasinya. Evaluasilah apakah logo tersebut dapat digunakan dalam berbagai ukuran dan pada berbagai media, baik itu media cetak atau pun internet dan lain-lain. Logo yang memiliki detail kecil juga biasanya akan kehilangan detailnya atau terlihat kurang menarik saat ditampilkan atau dicetak dalam ukuran kecil.

Evaluasi pula apakah logo tersebut telah sesuai dengan kebutuhan merek anda dan berapa lama logo tersebut dapat bertahan. Logo bukanlah sesuatu yang anda ganti setiap tahunnya. Logo membawa identitas merek sehingga jika anda sering menggantinya maka akan timbul kebingungan diantara konsumen. Jadi pastikan logo anda tetap terlihat menarik dalam jangka waktu yang lama dan bukan hanya sekedar tren sesaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *