Pernah nggak kamu mendengar ayam geprek keju? Salah satu olahan ayam yang dikenal dengan nama ayam prekju ini sekarang ini sangat hits lho.

Pasalnya, banyak rumah makan yang berlomba-lomba menyediakan menu satu ini lantaran laris pembeli. Nah, bagi kalian yang ingin sekali menyantap ayam geprek keju di rumah, bisa nih ikuti resepnya dari catering nasi kotak berikut ini!

  1. Bahan dan Bumbu yang Dibutuhkan

Untuk membuat ayam prekju, kamu tentunya membutuhkan 500 gr ayam yang sudah dipotong-potong, 1 bungkus besar tepung serba guna, garam dan merica secukupnya, 2 cm jahe yang harus diulek dengan bawang putih 2 siung, lada hitam secukupnya, serta bubuk paprika. Tidak lupa, bahan untuk membuat sambal antara lain 3 buah rawit setan, rawit ijo, serta bawang putih.

  1. Langkah Membuat Ayam Prekju

Untuk membuatnya, kamu bisa mencuci terlebih dahulu ayam yang akan kamu gunakan. Jangan lupa untuk melumuri ayam dengan jeruk nipis dan garam agar bau tidak sedap bisa hilang. Cukup diamkan ayam sekitar 10 menit saja dan kemudian bilas dengan air hingga bersih.

Jika sudah, maka rebus air sampai mendidih. Setelahnya, kamu bisa memasukkan bumbu halus terlebih dahulu, baru kemudian ayam.

Harap diingat, masaklah dengan keadaan api kecil agar ayam matang sempurna. Biasanya, proses merebus ini butuh sekitar 30 sampai 45 menit. Atau untuk tolok ukurnya, lihat apakah air dalam panci rebusan sudah menyusut atau belum.

Selagi menunggu, kita bisa menyiapkan wadah untuk diisi tepung. Bagi tepung ini menjadi 2 bagian, yakni tepung kering dan tepung basah. Jika ayam sudah matang, angkat ayam dan masukkan ke dalam penggorengan. Jangan lupa sebelum itu untuk memasukkan ayam ke dalam balutan tepung basah dan kering agar ayam renyah sempurna.

Untuk membuat sambalnya, kamu bisa mulai menguleg semua bahan sambal yang sebelumnya sudah digoreng terlebih dahulu. Jangan lupa tambahkan taburan keju sesuai selera saat penyajian.

Demikianlah ulasan mengenai ayam prekju. Jika kamu ingin menyantap menu ini di rumah, kamu bisa lho memesan jasa catering rumahan seperti vendor berikut ini. Semoga bermanfaat!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *