Setiap orang pasti mendambakan rumah impiannya sendiri. Namun pada kenyataannya, ini bukanlah hal yang mudah. Banyak perencanaan yang harus dilakukan, terlebih bila anda belum memiliki lahan untuk mendirikan rumah. Maka saran yang pertama, pastikan Anda telah memiliki sebidang tanah untuk membangunnya. Pilih lahan yang tidak terlalu besar untuk memangkas semua bentuk pengeluaran.

Setelah memastikan di mana lahan yang akan digunakan untuk membangun, kini saatnya Anda menentukan gaya bangunan rumah. Untuk menghemat biaya, maka rumah bergaya minimalis sebaiknya menjadi pilihan utama. Lantas apa lagi yang harus Anda lakukan, berikut ini adalah beberapa tipsnya.

 

Buat Anggaran

Tips membangun rumah murah yang pertama adalah dengan menentukan anggaran pembangunan rumah. Hal ini untuk menghindari kemungkinan-kemungkinan yang bisa saja terjadi pada saat pembangunan berlangsung. Lakukan survey bahan material yang akan digunakan, Anda bisa memilih material lokal yang kualitasnya juga bagus dan biasanya jauh lebih murah bila dibandingkan dengan material import.

Berbicara soal anggaran, agar anggaran tidak melonjak, juga bisa dengan menggunakan jasa desain rumah murah yang berpengalaman, agar desain dapat dibuat lebih sederhana tanpa mengurangi keindahan dan dapat mengakuratkan perhitungan anggaran biaya.

 

Bicara dengan Ahlinya

Membangun rumah tentunya membutuhkan tangan-tangan yang ahli dalam pembuatannya. Memilih tukang yang akan mengerjakan adalah tips membangun rumah murah yang kedua. Ada dua jenis pekerjaan yang biasanya ditawarkan oleh pekerja bangunan, yaitu dengan sistem borongan atau harian.

Pilih tukang bangunan yang menawarkan sistem borongan, sehingga Anda bisa mengetahui perkiraan biaya yang akan habis hingga pembangunan rumah selesai. Tentukan juga batas waktu agar tidak terjadi penguluran. Pastikan Anda memilih tukang bangunan yang berpengalaman dan memiliki reputasi baik.

 

Bertahap

Jika dana yang Anda miliki terbatas, maka tips membangun rumah murah yang sebaiknya Anda pikirkan adalah, membangun rumah secara bertahap. Mungkin proses seperti ini akan menghabiskan waktu yang cukup lama tapi setidaknya Anda bisa menarik nafas sejenak untuk mengumpulkan kembali dana selanjutnya.

Dimulai dari pondasi rumah, ada berbagai macam jenis pondasi rumah yang bisa Anda pilih, salah satunya adalah dengan menggunakan baja ringan. Meskipun awalnya bujet yang dikeluarkan akan sedikit lebih mahal namun bahan ini minim perawatan.

 

Detail Ruangan

Image result for membangun rumah

Setelah bangunan selesai dibuat, selanjutnya Anda bisa mulai memperhatikan detail pada setiap ruangan yang akan digunakan. Pada kamar mandi misalnya, Anda bisa memilih menggunakan shower. Selain untuk menghemat air, Anda juga tidak menghemat biaya pembuatan bak mandi yang akan menguras biaya lebih banyak lagi.

Tips membangun rumah murah lainnya juga bisa dengan memilih untuk tidak mengecat dinding ruangan. Anda bisa membiarkan dinding beton yang dihaluskan atau dinding dengan bata merah yang tidak di semen. Keduanya terlihat bergaya dan kekinian.

 

Ruangan Multifungsi

Jika lahan yang Anda miliki terbatas sehingga Anda tidak bisa memiliki banyak ruangan di dalam rumah, maka tips lainnya yang bisa Anda terapkan adalah, dengan menggunakan satu ruangan menjadi multifungsi. Hal ini tentunya akan menghemat biaya dalam banyak hal. Misalnya, ruang keluarga yang juga bisa dimanfaatkan sebagai ruang tamu dan ruang makan. Begitu juga dengan meja kerja yang bisa diletakkan di pojok kamar tidur. Kemudian juga manfaatkan sisa ruangan yang ada untuk meletakkan furniture seperti lemari atau meja berukuran kecil.

 

Itulah 5 tips membangun rumah murah, masih ada beberapa hal lagi yang perlu diperhatikan setelah bangunan rumah selesai dibuat, seperti pemilihan furniture. Jangan beli furniture secara berlebihan, dekorasi rumah secara sederhana, namun tetap bergaya. Yang terakhir, jangan biarkan sirkulasi udara tertutup oleh furniture yang Anda telah beli tanpa pertimbangan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *