Waktu Yang Paling Mustajabah Untuk Shalat Hajat

Inilah Waktu Yang Paling Mustajabah Untuk Shalat Hajat
Inilah Waktu Yang Paling Mustajabah Untuk Shalat Hajat

Waktu yang paling mustajabah untuk sholat hajat

Terkadang hidup tak selalu mudah seperti angan, tapi jarang kita batin bahwa bisa bernafas saja sudah alhamdulillah, apalagi dapat melewati masalah sulit lainnya. Pernah hati merasa diacuhkan, meminta tapi seakan ditolak. Sobat Moslem, apa keinginanmu? Harapan apa yang ingin kau sampaikan? Ketahuilah Allah maha kaya lagi maha pengasih. Selain berharap dan berusaha, iringilah dengan do’a. Shalat Hajat adalah ibadah yang tepat untuk Kamu yang memiliki keinginan kuat untuk menggapai sesuatu.

Waktu Sholat Hajat

Sesungguhnya tidak ada panduan khusus yang menyatakan kapan waktu sholat hajat yang tepat bagi umat Islam. Kalian dapat melakukan sholat ini setiap kali kalian memiliki waktu, siang atau malam hari. Akan tetapi, para ilmuwan berpendapat bahwa akan lebih baik jika sholat ini di lakukan pada sepertiga malam, sekitar pukul 01:00 sampai subuh pukul 05.00. Dan seperti di ketahui, bahwa yang terakhir dari prosesi sholat pada sepertiga malam terakhir adalah berdoa. Dengan berdoa pada jam-jam tersebut memiliki prioritas tersendiri di banding waktu lainnya. Nah, jadi jika niat kita harus di penuhi, ada baiknya melakukan sholat pada jam tersebut.

Shalat Hajat yang Mustajab

Supaya hajat dapat terkabul, tidak cukup kita hanya melakukan sholat hajat sebanyak satu kali saja. Di sunahkan para ulama agar kita dapat melaksanakan sholat sunah ini sebanyak 3 malam atau sampai 7 malam berturut-turut. Kemudian banyaknya hari pelaksanaan sholat hajat ini dapat di sesuaikan penting tidaknya maksud atau hajat yang kita kehendaki. Dan dalam setiap hari waktu sholat hajat, kita dapat melakukan sholat ini dalam 2 rakaat, 4 rakaat, 6 rakaat, dan kelipatannya hingga 12 rakaat. Pelaksanaannya tentu dengan salam di setiap 2 rakaatnya. Artinya, setiap habis 2 rakaat Anda harus salam, kemudian bangkit kembali untuk membaca niat sholat hajat ini lagi. Begitu seterusnya.

Waktu Sholat Hajat yang Di larang Meski dapat di lakukan kapanpun, ternyata kita tetap harus memperhatikan hukum-hukum yang lain terkait dengan pelaksanaan sholat. Seperti yang telah di sebutkan dalam hadist bahwa ada 3 waktu yang di larang untuk melakukan sholat, termasuk sholat hajat. Ketiga waktu terlarang untuk melakukan sholat hajat tersebut adalah: Waktu Syuruq, adalah waktu dimana matahari mulai tampak terbit hingga setinggi tombak. Waktu syuruk biasanya berlangsung sekitar 15 menit. Waktu Zhahirah, adalah waktu matahari tepat berada di tengah langit, ciri waktu ini adalah jika kita berdiri, maka bayangan kita sudah tidak akan tampak lagi karena terinjat oleh kita. Waktu zhahirah berlangsung beberapa saat sebelum waktu sholat Dzuhur tiba. Dan waktu sholat hajat yang dilarang selanjutnya adalah waktu dimana matahari akan mulai terbenam hingga terbenam seluruhnya. Karena waktu ini berlangsung beberapa saat (sekitar 15 menit) sebelum waktu sholat Maghrib tiba.