Ukuran lapangan sepak bola standar nasionnal dan Internasional sera sejarah lengkapnya. Siapa dari kita yang tidak mengenal olahraga sepak bola?. Saya yakin meskipun kita berada di desa sekalipun selama kita tinggal di Indonesia pastinya pernah tahu olahraga yang satu ini. Hal ini dikarenakan sepak bola menjadi salah satu olahraga yang paling populer di seluruh dunia tidak terkecuali di indonesia.

Lapangan sepak bola itu bermacam-macam ukurannya terkadang berbeda-beda dari satu tim dengan tim lainnya. Ukuran lapangan sepak bola standar nasional dan internasional pun juga relatif berbeda. Jadi untuk membuat anda lebih memahami mengenai perbedaan ukuran lapangan dalam permainan sepak bola tersebut kami sajikan alasannya dalam artikel berikut ini.

Meskipun anda semua orang mengenal olahraga yang satu ini akan tetapi tahukah anda berapa ukuran lapangan sepak bola yang sesuai standar?. Jika belum tahu mari simak ulasannya berikut ini:

Ukuran lapangan sepak bola standar internasional

Pada umumnya lapangan sepak bola standar memiliki bentuk persegi panjang dengan lebar antara 45 hingga 90 meter. Sedangkan untuk panjangnya yaitu antara 90 hingga 120 meter. Untuk rincian berbagai fasilitas yang ada di lapangan sepak bola bisa anda lihat berikut ini:

  • Lingkaran tengah dalam lapangan sepak bola memiliki ukuran 9,5 m
  • Ukuran panjang kotak penalti dalam lapangan sepak bola yaitu 40 m dengan lebar 16,5 meter
  • Sedangkan untuk jarak tendangan penalti dalam lapangan sepak bola yaitu 11 m.
  • Untuk area gawang memiliki panjang 18, 32 m dan lebar 5,5 m.
  • Sedangkan untuk tinggi gawang sepak bola standar yaitu 2,4 m dengan lebar 7,3 m.

Ukuran lapangan sepak bola standar nasional

Ukuran lapangan sepak bola standar nasional secara umum memiliki area yang lebih sempit dibandingkan dengan lapangan yang digunakan dalam pertandingan internasional. Meskipun demikian, ukuran lapangan tersebut biasanya masih mengikuti standar yang ditetapkan oleh FIFA yaitu dengan lebar antara 45 hingga 90 meter dan panjang antara 90 sampai 120 meter.

Ukuran lapangan sepak bola mini

Sesuai namanya sepak bola mini merupakan jenis permainan sepak bola yang memiliki ukuran lapangan serta bola yang tentunya lebih kecil dibandingkan dengan ukuran lapangan sepak bola standar. Dalam pertandingan sepak bola mini biasanya hanya terdiri dari 7 orang saja.

Lapangan sepak bola mini tentunya hanya dikhususkan untuk pertandingan sepak bola skala nasional saja. Biasanya dalam pertandingan sepak bola mini lapangan yang digunakan hanya memiliki panjang 60 m dengan lebar 40 m. Sedangkan untuk diameter dari lingkaran yang ada di tengah lapangan yaitu berkisar sekitar 18 meter saja.

Sejarah awal sepak bola

Permainan sepak bola awalnya diketahui telah ada sejak ribuan tahun yang lalu di mana olahraga ini pertama kali dimainkan di daratan cina. Pada waktu itu permainan sepak bola masih bernama tsu chu. Sedangkan permainan yang hampir sama dengan sepak bola yang ada di china ini juga pernah dimainkan di jepang dengan nama “kemari”.

Selain itu, di beberapa negara eropa seperti Italy permainan sepak bola juga cukup digemari terutama pada abad ke-16. Beberapa negara lain juga diketahui memiliki sepak bola sendiri seperti Mexico, Romawi, Inggris, Amerika Tengah, Dan Romawi Kuno.

Akan tetapi sejarah sepak bola di inggris sempat terhenti pada tahun 1365 ketika raja edward 3 sempat melarang diadakan pertandingan sepak bola lantaran olahraga ini dianggap terlalu keras. Meskipun demikian, pada tahun 1360 raja edward kembali mengizinkan permainan sepak bola akan tetapi masih dengan format yang lama yaitu penuh dengan kekerasan.

Akhirnya giliran ratu elizabeth yang melarang permainan sepak bola tersebut tepatnya pada tahun 1572, alasan pelarangan nya masih sama yaitu karena sepak bola dianggap terlalu brutal. Akan tetapi akhirnya pada tahun 1680 larangan permainan sepak bola benar-benar dicabut oleh raja charles 2 hingga sampai saat ini.

Sejarah awal dibentuknya FIFA

FIFA merupakan induk sepak bola internasional yang bermarkas di swiss. FIFA atau Federation International De Football Association didirikan pada tahun 1940 di paris prancis. FIFA sebagai organisasi induk sepak bola dunia merupakan lembaga yang mengatur mengenai peraturan serta promosi sepak bola ke seluruh dunia.

Mulai dari awal didirikannya tahun 1940 hingga saat ini anggota FIFA sudah berjumlah 209 negara, di mana salah satu dari anggota negara tersebut adalah indonesia. Salah satu perhelatan sepak bola yang paling penting yang diadakan FIFA adalah world cup atau piala dunia di mana event empat tahunan ini selalu menyita perhatian dunia. Hal ini tentu tidak terlepas dari kepopuleran sepak bola itu sendiri di dunia.

Sumber:
https://www.caraprofesor.com/ukuran-lapangan-sepak-bola-standar-internasional/

https://www.caraprofesor.com/sejarah-sepak-bola-indonesia/

https://bola.okezone.com/read/2016/02/17/51/1313979/soccerpedia-sejarah-berdirinya-fifa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *