Lainnya

TIPS UNTUK MENONJOL DALAM INTERVIEW

Anda telah mencurahkan waktu dan tenaga untuk membuat lamaran pekerjaan Anda, menyempurnakan resume Anda dan membuat surat lamaran yang disiapkan dengan baik, tentu saja dengan harapan anda dapat memperoleh panggilan interview yang anda inginkan.

Setelah menerima panggilan interview, maka sekarang adalah kesempatan bagi Anda untuk menunjukkan mengapa Anda adalah kandidat yang hebat dan bagaimana Anda dapat menyesuaikan diri dengan tim dan lingkungan kerja perusahaan tersebut. Yang perlu anda lakukan hanyalah melakukan persiapan interview dengan sebaik mungkin sehingga Anda akan siap untuk apa pun yang pewawancara berikan kepada Anda.

 

  1. Pelajari deskripsi pekerjaan dan misi perusahaan – Gunakanlah pola pikir yang benar dengan mengingatkan diri Anda sendiri tentang apa yang diperlukan dalam pekerjaan tersebut dan mengetahui misi dari perusahaan tersebut, jika ada.

    Buat daftar alasan mengapa pekerjaan ini cocok untuk perjalanan karier Anda, seperti keterampilan, pengalaman, dan jaringan yang mungkin Anda peroleh. Berfokus pada bagaimana pekerjaan ini akan membantu Anda mencapai tujuan karier Anda adalah cara yang baik untuk membangun antusiasme terhadap pekerjaan tersebut – bahkan jika itu bukan pekerjaan yang Anda impikan.

    Ini akan membantu Anda mengungkapkan mengapa Anda menginginkan pekerjaan itu dan menyampaikannya dengan antusiasme selama interview. Pikirkan tentang apa yang membuat Anda menjadi kandidat terbaik untuk pekerjaan itu. Lihat resume Anda, dan pilih bagian yang sesuai dengan persyaratan pekerjaan.

    Tuliskan contoh bagaimana Anda menangani proyek atau masalah tertentu dalam pengalaman masa lalu Anda di tempat kerja, sekolah, kuliah atau pengalaman apapun di dalam hidup Anda yang menunjukkan bahwa Anda memiliki keterampilan yang sesuai dengan pekerjaan tersebut. Buatlah daftar pencapaian Anda yang paling Anda banggakan sebagai contoh jika dibutuhkan.

  2. Jika Anda merasa gugup menghadapi interview, maka anda dapat mempersiapkan jawaban atas pertanyaan sulit yang mungkin menjadi celah dalam resume atau latar belakang Anda. Buatlah daftar dari latar belakang atau resume Anda yang membuat Anda gugup dan siapkan penjelasan untuk celah yang mungkin Anda miliki dalam pengalaman Anda. Jika ada sesuatu dari resume atau latar belakang anda yang membuat anda kurang percaya diri maka luangkanlah waktu anda untuk memikirkan cara terbaik untuk menyajikannya.
  3. Latih jawaban atas pertanyaan interview. Pelajari beberapa pertanyaan interview yang cukup sering ditanyakan. Latihan adalah kuncinya. Banyak orang yang tidak melatih jawabannya karena merasa canggung, tetapi hal ini sangat penting dan dapat membuat perbedaan besar.

    Mempraktikkan self-talk penting di tingkat mana pun dalam karier Anda. Anda telah menyusun daftar semua alasan mengapa Anda sangat cocok untuk pekerjaan tersebut. Sekarang saatnya untuk mencoba mempraktekkannya dalam komunikasi. Jika Anda tidak dapat menemukan seseorang untuk berlatih, maka lakukanlah di depan cermin.

    Akan lebih baik lagi jika anda merekam video Anda sendiri, sehingga anda dapat mereview kesalahan-kesalahan yang anda lakukan. Fokuslah pada komunikasi yang jelas dan efisien. Berlatih akan membantu Anda mengidentifikasi apa pun yang memungkinkan mengganggu anda dalam menyampaikan kelebihan anda dengan baik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.