Lainnya

Tips Mempersiapkan Diri Untuk Wawancara Kerja

Wawancara kerja adalah sesuatu yang sangat penting dalam proses penerimaan pegawai. Tujuan dari sesi wawancara ini adalah untuk menilai secara langsung karakter dan kemampuan analisa seorang pegawai.

Untuk bisa lulus di tes wawancara ini , maka ada beberapa hal yang perlu anda persiapkan. Hal yang paling pertama yang perlu anda ketahui adalah hal-hal mendasar tentang perusahaan tempat anda melamar pekerjaan.

Sangat direkomendasikan agar anda mengetahui jasa-jasa ataupun produk apa saja yang ditawarkan oleh perusahaan tersebut. Setelah itu anda juga harus mengetahui apa kelebihan dan kekurangan.

Jadi dengan mengetahui 2 hal ini anda bisa mengetahui apa yang bisa anda tawarkan untuk perusahaan. Setelah itu anda juga perlu memprediksi pertanyaan-pertanyaan apa saja yang akan keluar di dalam sesi wawancara.

Dengan memprediksi pertanyaan-pertanyaan yang akan keluar dari sesi wawancara anda bisa mempersiapkan jawaban yang menurut anda paling sesuai untuk perusahaan tersebut.

Salah satu pertanyaan yang paling umum ditanyakan di dalam sesi wawancara adalah masalah gaji. Pertanyaan masalah gaji ini sering diajukan oleh pihak HRD untuk menilai seberapa jauh anda mengetahui potensi dari pekerjaan yang anda lamar dan juga kapasitas.

Setiap calon pegawai yang meminta gaji yang terlalu tinggi atau terlalu rendah akan memberikan kesan bahwa mereka tidak mengetahui dengan baik pekerjaan yang dilamar nya. Atau ini juga bisa menjadi indikasi perawat seseorang terlalu underestimate atau overestimate akan nilainya sendiri.

Pertanyaan lain yang sering diajukan pada sesi wawancara adalah apa yang menjadi alasan anda melamar pekerjaan di perusahaan tersebut. Pertanyaan ini sebenarnya adalah pertanyaan yang sangat klise karena ada banyak orang yang akan terlalu melebih-lebihkan alasan mereka.

Ada baiknya berusaha memberikan jawaban yang tetap mengangkat perusahaan namun dalam batasan yang wajar. Karena jikalau jawaban anda terasa di luar batas kewajaran atau terlalu berlebih-lebihan justru itu akan membuat wawancara merasa anda tidak tulus menjawab.

Dengan kata lain anda sedang berusaha membohongi wawancara. Inilah alasannya kenapa anda perlu mempersiapkan diri anda dengan sebaik mungkin sebelum menghadiri sesi wawancara. Anda bisa mencoba membaca beberapa contoh kisi-kisi wawancara kerja yang sudah banyak beredar di internet.

Anda bahkan perlu mempersiapkan mental anda agar bisa tampil dengan profesional di hadapan hrd yang melakukan wawancara. Jika mental anda tidak siap , maka mungkin anda akan gugup dan kesulitan untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan yang diajukan.

Untuk bisa menunjang mental ataupun rasa percaya diri anda , maka ada beberapa hal yang bisa anda lakukan. Yang pertama adalah persiapkan penampilan anda dengan sebaik-baiknya.

Cukur rapi rambut anda dan persiapkan baju yang tepat untuk sesi wawancara tersebut. Usahakan untuk bisa datang tepat waktu di tempat tes wawancara diadakan.

Ada banyak kejadian di mana tes wawancara cara menjadi begitu sulit karena anda terlambat sampai di lokasi. Bukan saja karena pewawancara akan melihat anda sebagai orang yang tidak disiplin tetapi juga karena anda datang dengan tergesa-gesa sehingga konsentrasi anda akan buyar dan menjadi lebih grogi.

Jika anda memperhatikan hal-hal ini , maka pada dasarnya anda bisa menghadiri tes wawancara cara dan melakukan yang terbaik. Selebihnya anda hanya perlu mendoakan usaha anda semoga anda bisa diterima di perusahaan yang anda harapkan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.