Pada saat anda akan membuat sebuah website, maka langkah pertama yang perlu anda lakukan adalah memilih sebiah nama domain untuk website anda tersebut. Nama domain inilah yang akan menjadi alamat dari website anda. Jadi ada beberapa hal yang membuat anda perlu memilih nama domain ini dengan lebih seksama.

Jika anda sebelumnya elum pernah membuat website, maka berikut ini saya memberikan beberapa hal yang perlu anda perhatikan pada saat anda akan membeli sebuah nama domain. Setiap pilihan mempunyai pertimbangannya masing-masing, jadi anda harus menyesuaikan dengan kondisi website anda.

Gunakan nama domain yang mudah diingat

Anda perlu tahu bahwa nama domain ini dibuat untuk menggantikan sistem alamat yang menggunakan ip address. Jadi tujuan dasar dari nama domain adalah memudahkan pengunjung mengingat alamat website kita. Jadi jangan sampai nama domain anda menjadi sia-sia karena terlalu sulit untuk diingat oleh mereka yang berkunjung ke website anda.

Pilih nama domain yang memuat kata kunci

Jika anda akan membuat website yang mempunyai persaingan ringan hingga menengah, maka sangat direkomendasikan agar anda membeli nama domain yang memuat kata kunci. Nama domain yang memuat kata kunci masih akan memberikan bantuan untuk ranking pada kata kunci persaingan ringan hingga menengah.

Walaupun demikian anda perlu memastikan bahwa nama domain yang anda beli tidak terlalu panjang, karena nama domain tersebut tetap harus mudah diingat oleh pengunjung anda. Jika nama domain anda terlalu panjang, anda akan kesulitan melakukan branding untuk website anda nantinya.

Gunakan nama domain untuk branding

Nah, jika kata kunci yang anda inginkan mempunyai persaingan yang berat, maka sebaiknya anda menggunakan brand anda sebagai nama domain. Kenapa? Karena di persaingan berat anda banyak hal yang perlu anda optimasi sehingga nama domain sudah tidak akan memberikan bantuan apapun. Jadi yang paling baik adalah menggunakan nama domain sebagai alat branding.

Nama domain yang anda gunakan untuk proses branding pun sebaiknya cukup sederhana. Anda bisa melihat website-website raksasa saat ini? Semuanya menggunakan nama domain yang pendek dan unik. Jelas pemilihan nama domain yang seperti ini ditujukan agar mudah diingat oleh pengunjung website anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *