Ruang belajar mengajar atau ruang kelas biasanya dibuat lebih besar dari pada ruangan lain yang biasanya berada di dalam rumah sebab ruang kelas sejak awal di desain untuk memiliki kapasitas yang besar agar dapat menampung banyak orang.

Namun jika anda menemukan bahwa ruang kelas tersebut terlalu luas untuk jumlah siswa yang akan ditampung, maka anda dapat mengsiasatinya dengan menggunakan partisi geser. Sekarang anda sudah tidak perlu lagi menggunakan partisi permanen seperti dinding batu untuk menyekat ruangan antar kelas.
Dengan penggunaan partisi geser ini, anda dapat lebih menghemat biaya karena harga partisi geser biasanya jauh lebih murah dibandingkan membuat partisi permanen seperti dinding batu.
Partisi geser memiliki banyak kelebihan dibandingkan penyekat ruangan lainnya. Partisi geser dapat memaksimalkan fungsi dari suatu ruangan.
Sebagai contoh, Jika jumlah peserta dalam suatu kelas cukup sedikit maka anda dapat memasang partisi agar luas ruang kelas tidak terlalu berlebihan dan sisa bagian dari ruang kelas tersebut dapat digunakan untuk kelas lainnya, dan pada saat Suatu kelas memiliki banyak peserta, maka yang perlu Anda lakukan hanyalah membuka partisi ruang kelas tersebut agar Ruangan menjadi lebih luas dan dapat memuat lebih banyak peserta. Keuntungan inilah yang tidak dapat anda peroleh jika Anda menggunakan partisi permanen seperti dinding batu.
Kelebihan lain dari memasang partisi geser pada ruang kelas adalah keefektifitasan dan efisiensi biaya. Untuk membuat suatu partisi yang permanen yang tidak bisa dipindahkan tentunya  butuh mengeluarkan banyak biaya.
Sedangkan dengan menggunakan partisi geser, Anda dapat menghemat biaya Karena harganya, biaya pemasangan dan perawatannya yang jauh lebih murah dibandingkan membuat partisi permanen. Pemasangan partisi geser juga lebih mudah dibandingkan membuat partisi permanen sehingga Anda dapat menghemat biaya dari ongkos menyewa jasa tukang.
Melalui penjelasan di atas, tentunya anda sudah memahami bahwa ruangan kelas yang terlalu besar memang sebaiknya disekat agar dapat memaksimalkan fungsi dari ruangan tersebut. Anda dapat melihat sistem ini telah diterapkan pada berbagai ruang kelas di sekolah-sekolah maupun di ruang ruang perkuliahan.
Pemasangan partisi geser ini memang semakin populer mengingat penggunaannya yang cukup sederhana. Namun sebelum membeli partisi geser untuk ruang kelas, sebaiknya Anda memperhatikan hal-hal berikut ini agar anda dapat memilih partisi geser terbaik untuk ruang kelas Anda. Pertama, ukurlah daerah yang akan dipasangkan partisi agar anda dapat melakukan pemesanan ukuran partisi dengan tepat.
Pastikan anda melakukan pengukuran dengan tepat agar partisi dapat dipasang dengan mudah dan lebih proporsional dengan ukuran ruangan. Anda juga harus mengetahui bahwa umumnya setiap jenis partisi telah disesuaikan dengan kebutuhannya, ada partisi ruang tamu partisi untuk ruang makan dan tentu saja ada juga partisi untuk ruang kelas. Jadi pastikan anda memilih partisi yang diperuntukkan untuk ruang kelas.339
Hal kedua yang perlu anda perhatikan adalah bahan yang digunakan dari partisi geser tersebut. Mengapa perlu memperhatikan jenis bahan partisi geser? Jenis bahan partisi geser tentunya akan menjadi tolak ukur dari daya tahan partisi geser tersebut. Selain itu, penggunaan bahan yang tepat akan memberikan suasana yang indah untuk ruangan kelas.
Saat ini telah banyak tersedia berbagai pilihan bahan yang dapat diubah menjadi partisi geser, jadi Pilihlah partisi geser yang memiliki kualitas dan daya tahan yang baik. Pilihlah juga warna cat yang sesuai dengan desain interior ruang kelas agar partisi geser terlihat serasi dengan keseluruhan konsep kelas.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *