Kesehatan

PEMERINTAH BATASI AKTIFITAS WARGA DI BEBERAPA DAERAH

Pemerintah Indonesia memutuskan untuk memperketat pembatasan skala mikro dan memperpanjangnya dari 22 Juni hingga 5 Juli di tengah lonjakan transmisi COVID-19, kata seorang pejabat.

Perkantoran yang berada di zona merah diperbolehkan untuk menampung karyawan maksimal 25 persen, dan yang berada di zona lain diizinkan untuk menampung staf maksimal 50 persen, kata Airlangga Hartarto, Ketua Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional. dan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian.

Sesuai aturan, area publik seperti pasar, pusat perbelanjaan, restoran, dan kafe di zona merah diizinkan beroperasi hingga pukul 20.00. dengan pengunjung maksimal 25 persen, sementara sembako, apotek, dan sektor penting bisa beroperasi penuh.

Pusat seni budaya dan tempat ibadah di zona merah ditutup total, sedangkan di zona lain diizinkan beroperasi maksimal 25 persen dari kapasitas pengunjung.

Di tengah melonjaknya kasus, pemerintah berupaya untuk meningkatkan vaksinasi COVID-19, yang bertujuan untuk meningkatkan jumlah vaksinasi harian menjadi 700.000 pada bulan Juni dan 1 juta pada bulan Juli.

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengatakan kapasitas inokulasi vaksin COVID-19 saat ini telah mencapai 716.000 per hari, dan jumlahnya akan meningkat menjadi 1 juta per hari pada awal Juli.

Indonesia menghadapi peningkatan pesat jumlah kasus COVID-19 setelah libur panjang Idul Fitri dengan terdeteksinya “varian perhatian” yang lebih menular seperti varian Alpha, Beta, dan Delta.

ā€œSaat ini pemerintah sedang memperkuat upaya penyelesaian masalah hulu, dan mencegah masyarakat dari sakit dengan membatasi pergerakan 75-100 persen,ā€ kata Sadikin.

Untuk mengatasi masalah hilir, pemerintah juga menambah stok APD (alat pelindung diri) dan obat-obatan serta menambah kapasitas tempat tidur di sejumlah pusat perawatan COVID-19.

Hartarto mengatakan saat ini tingkat hunian tempat tidur rumah sakit di 87 kabupaten dan kota di 29 provinsi berada di atas 70 persen. Indonesia telah mencatat lebih dari 2 juta kasus COVID-19 pada hari Senin sejak kasus pertama dikonfirmasi di negara itu pada Maret tahun lalu.

Kementerian Kesehatan negara itu mengatakan kasus COVID-19 di seluruh negeri naik 14.536 dalam 24 jam terakhir menjadi 2.004.445, peningkatan satu hari terbesar dalam kasus baru.

Hingga saat ini, hampir 55.000 orang telah meninggal dan sekitar 1,8 juta lainnya telah pulih dari penyakit tersebut, menurut data kementerian.

Indonesia memiliki jumlah kasus dan kematian COVID-19 tertinggi di Asia Tenggara. Virus ini telah menyebar ke 34 provinsi di negara itu dengan ibu kota Jakarta dan provinsi Jawa Timur masing-masing memiliki kasus terbanyak dan jumlah kematian tertinggi.

Pemerintah telah mencatat bahwa jumlah kasus COVID-19 di negara itu telah melonjak sejak beberapa hari terakhir dan kemungkinan besar disebabkan oleh varian Delta dari coronavirus, yang pertama kali terdeteksi di India.

Penyebaran varian mematikan tersebut telah terdeteksi pada sampel yang diambil di Jakarta, Kabupaten Kudus di Provinsi Jawa Tengah, dan Kabupaten Bangkalan di Jawa Timur.

Program vaksinasi COVID-19 secara besar-besaran telah digelar sejak pertengahan Januari di negara berpenduduk terbesar keempat di dunia itu.

Pemerintah menargetkan untuk memvaksinasi 181,5 juta orang, sekitar 70 persen dari populasi, pada Maret tahun depan dengan vaksin dari berbagai produsen farmasi dari berbagai negara.

Indonesia telah mengamankan sekitar 104,7 juta dosis vaksin. Vaksin ini gratis untuk semua orang Indonesia.

Pada Senin, hampir 12,4 juta orang di negara itu dilaporkan telah menerima dua suntikan vaksin. Sedangkan jumlah yang disuntik dengan dosis pertama mencapai 23,5 juta.

Presiden Joko Widodo bulan ini meminta pemerintahannya untuk menyuntik 1 juta orang secara nasional per hari mulai Juli. Pemerintah telah menargetkan untuk memberikan 700.000 suntikan per hari pada bulan Juni.

Adapun Jakarta, rumah bagi lebih dari 10 juta orang, presiden meminta pemerintah kota untuk menyuntik 100.000 per hari untuk mempercepat vaksinasi di negara ini.

Bisnis di seluruh negeri sudah mengambil bagian dalam program vaksinasi nasional.

Melalui skema gotong royong yang secara lokal disebut “Gotong Royong” yang diprakarsai oleh Kamar Dagang dan Industri Indonesia, bisnis, perusahaan atau lembaga dapat memberikan vaksin Sinovac COVID-19 yang mereka beli dari pemerintah kepada karyawannya secara gratis.

vaksin Sinovac yang saat ini digunakan dalam skema tersebut adalah vaksin Sinovac Sinopharm.

Indonesia telah memutuskan untuk memperpanjang pembatasan aktivitas publik skala mikro, yang secara lokal dikenal sebagai PPKM Mikro, di wilayah dengan status zona merah untuk COVID-19 mulai Selasa hingga 5 Juli, sebuah langkah untuk mengekang penyebaran virus menyusul melonjaknya jumlah. dari kasus.

Dalam konferensi pers virtual yang digelar pada Senin, Menteri Koordinator Perekonomian Airlangga Hartarto yang juga memimpin pemulihan ekonomi nasional dan respons COVID-19

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *