Di dalam kehidupan masyarakat yang semakin modern ini ada semakin banyak produk dan layanan jasa yang ditawarkan. Produk produk atau pelayanan jasa yang belum ada 10 tahun yang lalu sekarang semakin bervariasi. Hal ini membuat tingkat persaingan antar perusahaan di dalam pemasaran semakin keras. Pada saat anda pergi ke mall atau pusat perbelanjaan anda akan bisa melihat ada puluhan merek yang bersaing untuk satu jenis produk yang sama.

Di dalam kondisi persaingan yang sangat keras seperti saat ini tentunya anda perlu mengusahakan faktor-faktor yang bisa membantu konsumen untuk memutuskan membeli produk anda atau menggunakan layanan jasa anda.

Salah satu hal yang banyak dilakukan oleh perusahaan-perusahaan dalam skala besar adalah mengusahakan sertifikat ISO 9001 atas produk produk atau pelayanan jasa mereka.

Hal ini mereka lakukan karena sertifikat ISO 9001 memberikan jaminan kualitas atas produk ataupun layanan jasa mereka.

Jadi walaupun seorang konsumen belum pernah menggunakan produk mereka namun konsumen tersebut bisa merasa yakin bahwa produk mereka adalah produk yang berkualitas jikalau mereka melihat bahwa produk tersebut sudah mendapatkan label ISO 9001.

Jadi mendapatkan sertifikat ISO 9001 akan bisa memudahkan perusahaan anda untuk bersaing di antara para pesaing terbaik di industri anda. Sekarang yang menjadi masalah adalah apakah anda tahu bagaimana cara untuk mendapatkan sertifikat ISO 9001 untuk produk ataupun layanan jasa anda. Untuk bisa mendapatkan sertifikat ISO 9001 ini pertama-tama anda harus menghubungi lembaga sertifikat ISO 9001.

Lembaga sertifikasi ISO adalah lembaga yang menerbitkan sertifikat ISO 9001 untuk berbagai industri yang berbeda. Lembaga ini mendapatkan kewenangan dari international standardization organization untuk menerbitkan sertifikat sertifikat ISO 9001 di industri-industri yang berbeda. Jadi lembaga ini akan mengadakan audit atau penilaian di perusahaan anda untuk menentukan apakah perusahaan anda bisa mendapatkan sertifikat ISO 9001.

Tentunya proses penerbitan sertifikat ISO 9001 ini akan memerlukan biaya. Biaya ini akan mencakup biaya untuk mengadakan survei di perusahaan anda dan juga biaya untuk audit dalam penerbitan sertifikat ISO 9001.

Biasanya biaya ya ini akan cukup bervariasi antara lembaga sertifikasi yang satu dengan lembaga sertifikasi yang lainnya. Akan tetapi biasanya variasi harga antara lembaga sertifikasi ini tidak berbeda terlalu jauh.

Pada saat anda mendaftarkan perusahaan anda untuk mendapatkan sertifikat ISO 9001 maka sebaiknya sejak awal anda sudah mempersiapkan anggaran tersendiri jika diperlukan perbaikan pada sistem perusahaan anda.

Akan sangat disayangkan jikalau anda sudah mengundang lembaga sertifikasi ISO 9001 akan tetapi perusahaan anda masih berada dalam kondisi yang belum bisa mengikuti rekomendasi yang diberikan oleh perusahaan ISO 9001 tersebut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *