Teknologi

KELEBIHAN MENGGUNAKAN PANEL SURYA

Ada banyak sekali manfaat dari menggunakan panel surya. Apa saja manfaat penggunaan panel surya yang paling menonjol dari pembangkitan listrik lainnya? Mari kita lihat satu per satu.

1. Sumber energi terbarukan

Dari semua manfaat panel surya, yang terpenting adalah energi surya merupakan sumber energi yang sepenuhnya terbarukan. Ini dapat digunakan di semua wilayah di dunia dan tersedia setiap hari.

Kita tidak bisa kehabisan energi matahari, tidak seperti beberapa sumber energi lainnya. Energi matahari akan tersedia selama kita memiliki matahari, jadi sinar matahari akan tersedia bagi kita setidaknya selama 5 miliar tahun ketika para ilmuwan berpikir matahari akan mati.

2. Mengurangi tagihan listrik

Karena Anda akan memenuhi sebagian kebutuhan energi Anda dengan listrik yang dihasilkan dari tata surya, tagihan listrik Anda akan turun. Jumlah yang akan Anda hemat untuk tagihan Anda tergantung pada ukuran tata surya, listrik, atau penggunaan panas Anda.

Selain itu, Anda tidak hanya akan menghemat tagihan listrik, tetapi juga memberikan kemungkinan menerima pembayaran untuk kelebihan energi yang Anda ekspor kembali ke jaringan. Jika Anda menghasilkan lebih banyak listrik daripada yang Anda gunakan (karena sistem panel surya Anda terhubung ke jaringan).

3. Beragam Penerapan

Energi matahari dapat digunakan untuk berbagai keperluan. Anda dapat menghasilkan listrik (fotovoltaik) atau panas (panas matahari). Energi matahari dapat digunakan untuk menghasilkan listrik di daerah-daerah di mana jaringan listrik tidak tersedia, untuk memurnikan air di daerah-daerah dengan persediaan air bersih yang terbatas dan untuk mengoperasikan satelit di luar angkasa.

4. Biaya perawatan rendah

Sistem tenaga surya umumnya tidak memerlukan banyak perawatan. Anda hanya perlu menjaga kebersihannya, jadi cukup membersihkannya beberapa kali dalam setahun.

Jika ragu, Anda selalu dapat menghubungi perusahaan pembersih khusus yang menawarkan layanan ini.

Beberapa distributor panel surya menawarkan garansi 20-25 tahun. Juga, karena tidak ada bagian yang bergerak, tidak ada keausan. Inverter biasanya satu-satunya bagian yang perlu diganti setelah 5-10 tahun karena terus bekerja mengubah energi matahari menjadi listrik dan panas.

Selain inverter, kabel juga membutuhkan perawatan untuk memastikan sistem tenaga surya beroperasi dengan efisiensi maksimum. Oleh karena itu, setelah menutupi biaya awal tata surya, Anda dapat mengharapkan untuk menghabiskan sangat sedikit untuk pemeliharaan dan perbaikan.

5. Perkembangan teknologi

Teknologi dalam industri energi surya terus berkembang dan peningkatannya hanya akan meningkat di masa depan. Inovasi dalam fisika kuantum dan nanoteknologi dapat meningkatkan efisiensi panel surya dan menggandakan atau bahkan tiga kali lipat input listrik sistem energi surya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.