Sekarang kita akan membahas tentang hosting. Agar anda dapat lebih memahami hosting dengan mudah, maka kita dapat mengibaratkannya sebagai berikut… Domain dapat diibaratkan sebagai alamat jalan suatu rumah sedangkan hosting itu adalah rumahnya. Jadi jika seSEOrang memasukkan animals with the website, maka browser Akan mengirim perintah tersebut ke hosting tempat alamat website tersebut dan hosting akan mengirimkan semua data yang diperlukan untuk ditampilkan di halaman Browser.

Sama seperti domain yang memiliki TLD, hosting juga dapat dibedakan ke dalam beberapa jenis. Di Indonesia, telah banyak penyedia jasa layanan web hosting ini. Jika anda mengunjungi website provider hosting, maka anda dapat menemukan berbagai macam paket yang dibedakan berdasarkan berbagai jenis costing dengan varian harga mulai dari yang murah hingga yang mahal. Berikut adalah beberapa contoh jenis web hosting:

1. Shared hosting
Dalam shared hosting, anda akan menggunakan server bersama ratusan bahkan ribuan pengguna website lainnya. Karena anda menggunakan satu server bersamaan dengan pengguna server lainnya maka sumber daya dari server tersebut seperti ram dan CPU juga akan dipakai bersama. Banyak orang yang menggunakan jasa shared hosting Karena harganya yang jauh lebih murah dibandingkan jenis web hosting lainnya. Chat hosting juga banyak diterima sebagai entry level hosting karena tidak membutuhkan pengetahuan teknik. Itulah sebabnya banyak pemula di dunia online yang menggunakan jasa set hosting ini kekurangan dari share hosting adalah tidak adanya akses root, jumlah bandwidth atau traffic yang kecil dan performa website yang dapat terganggu oleh website lainnya yang berada satu server dengan anda.

2. Virtual private server
Virtual private server memiliki harga yang lebih mahal dibandingkan shared
hosting namun tetap lebih murah dibandingkan dedicated server. VPS membagi server ke dalam bentuk virtual server sehingga walaupun satu server tersebut dibagi kepada beberapa pengguna website, pengguna website tersebut tetap akan dapat memiliki kendali penuh terhadap websitenya karena SEOlah-olah mereka adalah satu-satunya pengguna dalam server tersebut. Vps merupakan pilihan yang tepat jika shared hosting sudah tidak bisa memenuhi kebutuhan anda sedangkan dedicated server sendiri merupakan pilihan yang terlalu berlebihan. Kekurangan dari vps adalah Jumlah bandwidthnya yang tentu saja masih lebih kecil dibandingkan dedicated server.

3. Dedicated Server
Dedicated server merupakan jenis web hosting dimana Anda menyewa secara eksklusif sebuah server hanya untuk website anda sendiri Sehingga anda memiliki kontrol penuh terhadap server website anda. Kekurangan dari dedixated server adalah harganya yang mahal namun itu dibarengi dengan performa optimal server dan layanan yang terbaik. Jadi jika website anda sudah berkembang dan anda menargetkan pasar Indonesia yang besar maka ada baiknya anda menggunakan jasa dedicated server ini.

Demikianlah uraian tentang jenis-jenis web hosting. Emang masih ada banyak jenis web hosting lainnya, tetapi yang paling mendasar adalah 3 diatas. Intinya, untuk di awal Anda cukup menggunakan jasa shared hosting, jika dalam perkembangannya website Anda berkembang dan mendapatkan semakin banyak kunjungan maka anda dapat meningkatkannya ke vps dan begitu seterusnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *