Teknologi

JEMBATAN TIMBANG TRUK ATAU TIMBANGAN MOBIL

Apakah anda pernah mendengar istilah jembatan timbang? Apa yang dimaksud dengan jembatan timbang? Apa fungsinya? Secara sederhana kita dapat mengartikan jembatan timbang sebagai timbangan besar yang tidak hanya dapat menimbang berat mobil tetapi juga bahkan dapat menimbang truk dan juga kontainer.

Layaknya timbangan pada umumnya, kendaraan harus diletakkan di atas platform timbangan agar dapat ditimbang, jadi dapat dikatakan bahwa timbangan yang satu ini memang sangat besar.

Timbangan ini disebut sebagai jembatan timbangan karena bentuk platformnya yang menyerupai jembatan. Platform jembatan timbang memiliki ukuran yang bervariasi, mulai dari 3×6 meter yang biasanya digunakan untuk menimbang mobil atau kendaraan angkut kecil lainnya hingga 3×16 meter yang dapat digunakan untuk menimbang truk dan kontainer. Anda dapat menemukan timbangan jenis ini terpasang pada pelabuhan atau kawasan industri.

Salah satu alasan untuk mengadakan pemasangan jembatan timbang adalah untuk menghindari kerusakan jalanan. Setiap jalan memiliki daya tahan yang berbeda tergantung dari jenis bahan yang digunakan dalam pembuatannya, jadi tidak semua jalan dapat dilalui oleh truk tronton yang beratnya bisa mencapai berton-ton.

Oleh karena itu, berbeda dengan kendaraan mobil pada umumnya kendaraan dengan beban muat yang besar hanya boleh menempuh jalur tertentu.

Jika kendaraan yang ditimbang melewati batas berat muatannya, maka akan diadakan tindakan. Jika hanya melebihi sedikit dari batas toleransi yang ditetapkan maka kendaraan hanya perlu membayar denda dan boleh melanjutkan perjalanan.

Namun jika kendaraan memuat jauh melebihi batas maksimalnya, maka kendaraan tersebut harus menurunkan beban muatan berlebihnya dan juga membayar denda sebelum melanjutkan perjalanan.

Timbangan yang juga dikenal dengan nama timbangan mobil ini haruslah timbangan yang kuat, tahan lama dan sebaiknya bergaransi. Kualitas timbangan mobil sangatlah penting karena menyangkut masalah untung rugi dalam bidang industri serta kepentingan orang banyak dalam bidang transportasi.

Akurasi timbangan mobil sangatlah penting sebab nilai produk yang keluar masuk kawasan industri biasanya ditetapkan berdasarkan nilai bobotnya. Jadi selisih yang disebabkan oleh hasil timbang yang tidak akurat dapat menimbulkan masalah kerugian, pelanggan yang tidak puas, atau bahkan dapat mengarah kepada masalah tuntutan hukum.

Secara kontruksi, timbangan mobil ini juga harus memiliki kontruksi yang kuat karena tugasnya menimbang kendaraan yang beratnya bisa mencapai ton. Belum lagi lingkungan kawasan industri yang cukup sulit bisa merusak barang dengan cukup mudah, jadi pastikan anda menggunakan jembatan yang berkualitas.

Garansi juga sangat penting, meskipun harga jembatan timbang yang berkualitas dan bergaransi sedikit lebih tinggi dibandingkan timbangan lainnya, namun dalam jangka panjang, timbangan yang berkualitas akan memberikan nilai yang lebih besar dan lebih menguntungkan. Demikian penjelasan singkat terkait jembatan timbang, semoga dapat membantu anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.