Teknologi

Hal Yang Perlu Diperhatikan Pada Saat Memasang Panel Tenaga Surya

Untuk memasang panel tenaga surya sebenarnya dibutuhkan beberapa perhitungan teknik. Anda harus mengetahui pola lintasan matahari di atas langit baik pada musim kemarau maupun pada musim hujan.

Hal itu dikarenakan matahari selalu berubah posisi dari waktu ke waktu. Terkadang matahari akan ada di ujung utara dan terkadang pula akan berada di bagian selatan. Jika anda tidak memperhitungkan pemasangan panel tenaga surya ini dengan seksama maka anda bisa saja mendapatkan masalah karena pada tenaga surya anda terhalangi pohon ataupun dinding rumah tetangga.

Selain itu panel tenaga surya yang terlalu miring tidak akan bisa menerima sinar matahari dengan optimal. Jadi anda harus benar-benar melakukan perhitungan yang teliti untuk mengetahui sudut pemasangan yang terbaik untuk panel tenaga surya di rumah anda. Hal yang umum dilakukan oleh orang-orang yang membeli para tenaga surya adalah memasang panel tersebut di atas atap rumah mereka.

Hal itu dikarenakan atap rumah mempunyai ruang terbuka yang sangat lebar dan juga tidak dipergunakan untuk aktivitas sehari-hari kita. Jadi ini seperti memanfaatkan ruangan yang memang tidak pernah kita pergunakan. Yang menjadi masalah seringkali atap rumah mempunyai kemiringan yang cukup curam.

Hal ini bukanlah suatu hal yang menguntungkan pada saat kita akan memasang panel tenaga surya. Oleh karena itu anda mungkin akan memerlukan dudukan solar cell pada saat akan melakukan pemasangan panel tenaga surya di atap rumah yang sangat miring.

Dudukan solar cell ini akan sangat membantu anda untuk mendapatkan sudut pemasangan yang optimal dari solar cell tersebut. Jika anda membutuhkan panel tenaga surya yang berkualitas maka sebaiknya anda membelinya dari distributor mana tenaga surya yang sudah anda percayai.

Saat ini ada banyak sekali distributor panel tenaga surya yang sudah memasarkan produk mereka secara online. Di anda bisa terlebih dahulu membaca review dari orang-orang yang membeli produk mereka untuk mengetahui apakah panel tenaga surya yang mereka sediakan mempunyai kualitas yang baik.

Hanya panel tenaga surya yang dijual ini sudah dalam bentuk paketan sehingga anda juga akan mendapatkan baterai dan inverter. Baterai adalah komponen dari panel tenaga surya yang digunakan untuk menyimpan energi listrik yang dihasilkan oleh panel tenaga surya tersebut.

Dengan menggunakan baterai ini anda bisa menggunakan listrik kapanpun anda inginkan. Selanjutnya anda juga akan mendapatkan inverter yang digunakan untuk mengubah listrik arus searah dari baterai menjadi listrik arus bolak-balik untuk peralatan di dalam rumah anda.

Jadi anda hanya perlu memperhatikan dengan seksama instruksi atau cara perakitan dari panel tenaga surya yang anda beli. Jika anda hendak menggunakan panel tenaga surya yang digabungkan dengan sumber energi listrik lainnya maka tentu saja akan diperlukan sistem saklar.

Sistem saklar ini ada yang manual dan ada juga yang otomatis. Jika anda menggunakan saklar otomatis maka saklar tersebut biasanya akan memanfaatkan sumber listrik yang utama di dalam rumah anda untuk menggerakkan sistem saklarnya. Jadi saklar otomatis akan terputus pada saat sumber listrik utama teraliri listrik; dan saklar otomatis akan terhubung pada saat sumber listrik utama di dalam rumah anda mengalami pemadaman listrik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.