Cara Memperbaiki Kulkas yang Bocor Berdasarkan Penyebabnya

Kulkas Anda bermasalah? Coba apakah permasalahannya berupa kebocoran atau bukan. Jika iya, segera simak penjelasan dari jasa service kulkas Jakarta mengenai cara memperbaiki kulkas yang bocor di artikel ini ya.

Kulkas merupakan salah satu barang yang penting di berbagai bangunan. Kemampuan kulkas untuk mengawetkan makanan menjadi solusi bagi kehidupan masa kini. Namun, tak jarang muncul permasalahan pada kulkas sehingga mengganggu kinerjanya.

Salah satu masalah yang sering muncul pada kulkas adalah kebocoran. Untuk mengatasinya, sila disimak penjelasan cara memperbaiki kulkas yang bocor ini ya.

Cara Mengatasi Kulkas Bocor

Bocor pada kulkas bisa disebabkan oleh beberapa hal, antara lain filter air tidak terpasang dengan baik, sambungan selang dengan kulkas rusak, coupler tidak terpasang dengan tepat atau adanya kebocoran pada selang air. Kali ini akan dibahas cara memperbaiki kulkas yang bocor berdasarkan penyebab yang telah disebutkan.

  1. Bocor Karena Coupler Rusak

Cara memperbaiki kulkas yang bocor tidak dingin yang pertama adalah mematikan saluran air kulkas yang terhubung dengan sumber air. Selanjutnya buka pintu kulkas dan lepaskan penutup kaki kulkas bagian depan dengan menariknya.

Periksa apakah ada kerusakan atau tidak pada coupler serta selang. Jika rusak, perlu diganti dengan spare part yang asli dari www.aurajayateknik.com. Namun jika longgar, lepaskan selang dengan cara menarik selang keluar dan menekan sisi coupler ke bagian dalam. Kemudian pasang kebali dengan benar.

  1. Bocor Karena Filter

Untuk membetulkan filter, Anda perlu mematikan kulkas terlebih dahulu. Selanjutnya, periksa 2 filter yang ada di bagian kanan atas atau di dekat area rak sayur. Periksa filter dan perhatikan posisi tanda lock. Tanda lock biasanya disimbolkan dengan gambar mirip dengan kunci gembok.

Jika posisi tanda lock tidak sejajar dengan penunjuk pada tutup filter, maka putar sampai kedua tanda sejajar. Selanjutnya, nyalakan kulkas dan periksa kembali. Jika masih bocor, segera bawa ke service center.

  1. Bocor Karena Sambungan Rusak

Cara memperbaiki kulkas yang bocor karena sambungan rusak dilakukan dengan melihat bagian belakang kulkas.

Selanjutnya matikan saluran air dan longgarkan mur bagian atas-bawah sambungan. Geser naik mur. Pastikan sambungan sudah terpasang dengan baik dengan saluran atas dan bawah. Periksa pula apakah ada kebocoran atau keretakan pada bagian ini.