Lainnya

Cara Melakukan Taaruf Yang Benar Saat Cari Jodoh

Di dalam ajaran Islam dikenal istilah Taaruf saat cari jodoh. Tapi ada banyak orang yang belum mengerti apaa yang dimaksud dengan taaruf ini. Dan tidak tahu apakah mereka sudah melakukannya dengan benar.

Taaruf dalam Islam sendiri artinya adalah perkenalan, dan ini dianggap sebagai cara terbaik dalam menjalin hubungan sebelum memasuki pernikahan. Alasannya adalah taaruf bisa membantu kitaa menghindari perbuatan yang menjurus kepada zinah ada maksiat.

Pada saat anda melakukan taaruf maka lakukanlah itu dengan cara yang baik dan benar yang sesuai dengan syariat Islam. Jadi tidak ada syarat baku dari melakukaan taaruf selain menaati semua hukum syariat Islam.

Jadi inilah yang perlu anda lakukan saaat anda akan melakukan taaruf.

JAGA KESUCIAN

Saat melakukan taaruf anda tidak boleh berduaan saja, harus menjaga pandangan dan juga menjaga aurat. Jangan sampai anda memilih tempat bertemu yang mencurigakan orang lain. Sedapat mungkin bertemu di rumah keluarga atau mahram dari pihak wanita.

JUJUR SATU DAN YANG LAINNYA

Di dalam proses taaruf akan ada pertemuan untuk saling bertukar data atau informasi lainnya, baik itu tentang kepribadiaan ataupun masalah yang lainnya seperti hal-hal yang dibutuhkan masing-masing pihak. Kedua belah pihak harus jujur satu sama lain untuk menghindari masalah di masa yang akan datang.

DIKETAHUI KELUARGA

Proses taaruf ini harus mendatangi keluarga pihak perempuan secara langsung untuk menjelaskan niat dan tujuan menjalin hubungan dengan pihak perempuan. Jadi taaruf jangan dilakukan tanpa sepengetahuan keluarga wanita jika wanita tersebut masih mempunyai keluarga.

MENERIMA ATAU MENOLAK DENGAN CARA YANG BAIK

Karena taaruf adalah cara cari jodoh yang Islami, maka anda juga harus melakukannya dengan baik. Jika terjadi kesepakatan, maka akan berlanjut ke jenjang selanjutnya. Namun jika tidak, maka harus menolak dengan baik tanpa memutuskan silaturahmi antara kedua pihak.

HARUS ADA PENDAMPING

Untuk setiap pertemuan antara kedua calon harus selalu ada pendamping. Pendamping ini adalah mahram dari pihak perempuan dan dilakukan di tempat yang terbuka. Ini sangat penting untuk menghindari timbulnya fitnah di masyarakat.

Pendamping ini bisa membantu keduanya untuk mengenal batas waktu dalam pertemuan, dan bagaimana taaruf harus berjalan dengan baik. Jadi pertemuan ini bisa terjadi dengan efektif dan jelas tanpa berlama-lama. Mereka yang bertemu tanpa pendamping cenderung bisa lupa waktu karena terlalu asik satu sama lain, dan itulah yang dihindari oleh proses taaruf ini.

MENENTUKAN WAKTU KHITBAH

Jika taaruf diterima oleh wanita, maka sebaiknya segera menentukan kapan waktu khitbah atau lamaran. Sangat tidak dianjurkan untuk berlama-lama dan menggantung pihak wanita ataupun pihak pria dalam melakukan taaruf. Jadi jangan sampai seperti pacaran pada umumnya yang bisa sampai bertahun-tahun.

=======

Jadi inilah hal-hal dasar yang bisa diperhatikan pada saat seseorang mau cari jodoh siap nikah dengan cara yang islami. Taaruf harus memperhatikan hal-hal mendasar ini untuk menghindari zinah atau setidaknya menghindarkan dari fitnah yang berkembang di masyarakat. Karena ini adalah proses cari jodoh yang berlangsung dengan cepat dalam perkenalan, maka kejujuran adalah sesuatu yang sangat ditekankan saat melakukan taaruf.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.