Meskipun kita sering menikmati mengingat mimpi kita keesokan harinya, penting untuk menguraikan apakah ada arti penting dalam mimpi tersebut. Ada banyak teori berbeda tentang tafsir mimpi dan apakah itu berarti sesuatu. Setiap orang dapat memiliki pandangan yang berbeda-beda mengenai ilmu menafsirkan mimpi.

Sebagai contoh beberapa psikiater mungkin menyatakan bahwa mimpi sebenarnya tidak berarti apa-apa. Bagi para psikiater, mimpi hanyalah impuls otak listrik yang menarik pikiran dan citra acak dari ingatan kita. Mimpi tidak memiliki alur cerita dan kitalah yang berusaha membuat alur ceritanya agar kita dapat memahami makna dari suatu mimpi dengan lebih baik.

Namun, beberapa psikolog justru berpikir sebaliknya. Para psikolog percaya bahwa mimpi mengungkapkan konflik atau keinginan yang secara tidak sadar ditekan di alam bawah sadar kita dan tercitra melalui mimpi. Mimpi adalah gambaran dari keinginan atau dorongan dari alam bawah sadar yang telah ditekan. Inilah mengapa beberapa ilmuwan berusaha mempelajari mimpi untuk memahami pola kerja pikiran bawah sadar manusia. Jadi mimpi Anda cara otak anda mengungkapkan keinginan Anda yang tertekan di alam bawah sadar dan tidak anda sadari.

Teori lain adalah Teori Simulasi Ancaman, yang menggambarkan mimpi sebagai mekanisme pertahanan yang ditempatkan otak kita untuk mempersiapkan kita menghadapi peristiwa menakutkan. Ini memungkinkan kita untuk menghadapi ketakutan kita dalam mode simulasi yang aman. Teori ini menambahkan bahwa “anak-anak yang tinggal di lingkungan di mana kesejahteraan fisik dan psikologis mereka terus-menerus terancam harus memiliki sistem produksi mimpi dan simulasi ancaman yang sangat aktif”.Namun teori ini sulit diterima sebab teori ini mengindikasikan bahwa kita hanya akan lebih sering bermimpi jika kita berada dalam keadaan takut atau cemas.

Meskipun tidak mungkin untuk menunjukkan semua teori yang terkait dengan mimpi, teori mimpi yang paling banyak diterima oleh orang banyak adalah bahwa mimpi adalah gambaran acak dalam kehidupan kita yang mencerminkan kondisi dari si pemilik mimpi itu sendiri. Sebagai contoh, jika anda bermimpi kehilangan tas Anda di dalam mimpi, maka tidak berarti Anda akan kehilangan tas Anda keesokan harinya. Tafsir mimpi ini lebih mengarah pada tafsir bahwa si pemimpi merasa ada sesuatu yang penting bagi mereka yang hilang.

Tafsir mimpi memang ditujukan untuk membantu Anda untuk memahami jika mimpi Anda mengungkapkan sesuatu kepada Anda. Ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk menguraikan makna mimpi Anda. Karena itu, Anda harus memperhatikan kandungan impian Anda dalam kehidupan nyata. Jika perlu Anda dapat mulai membuat jurnal harian bersama dengan jurnal mimpi. Dengan melakukan ini, Anda benar-benar akan mulai memperhatikan hubungan antara citra mimpi Anda dan perjuangan serta pencapaian harian Anda. Misalnya, Anda mungkin memperhatikan bahwa ketika ibu mertua Anda datang untuk makan malam, Anda bermimpi diserang oleh beruang malam itu. Saat Anda mendapatkan posisi di tempat kerja yang Anda coba, Anda mungkin bermimpi memenangkan lotre malam itu. Atau ketika sesuatu yang sangat Anda sukai tidak berhasil, Anda mungkin menemukan bahwa Anda bermimpi tentang kecelakaan pesawat atau jatuh pada malam itu.