Anda ingin mulai berbisnis online namun terkendala dengan modal yang kecil? Maka saran saya tetap lanjutkanlah niat anda itu. Jangan pernah merasa kecil hati hanya karena modal anda yang minim.

Perlu untuk dipahami bahwa modal paling utama untuk memulai bisnis online adalah tekad dan kesungguhan. Bila sudah ada tekad yang kuat, walau modal anda terbilang kecil, anda tetap punya peluang untuk berbisnis online.

Bahkan ada orang-orang yang bisa memulai bisnis online tanpa modal sama sekali.

Mau tahu bagaimana caranya? Yuk simak penjelasan selengkapnya di bawah ini.

Anda tetap bisa mulai bisnis online dengan modal minim atau tanpa modal dengan beberapa cara berikut:

 

1. Menjadi reseller atau dropshipper produk orang lain.

 

Salah satu metode bisnis online yang paling tepat bagi yang bermodal minim adalah menjadi reseller atau dropship. Apa alasannya?

Karena tugas anda hanya memasarkan produk orang lain. Dan anda bisa mendapatkan pendapatan dengan cara sedikit menaikkan harga jual dari harga aslinya.

Bila anda sudah cukup lama bekerja sama dengan pemilik barang pertama, maka anda bisa melakukan negosiasi agar diberikan harga khusus (lebih murah) pada produk yang anda pasarkan tersebut.

Dengan cara begini, maka anda akan mendapatkan keuntungan dari dua sisi. Yaitu anda mendapat keuntungan dari banderol harga jual yang anda naikkan, dan anda juga mendapat untung dari harga murah yang diberikan oleh si pemilik barang pertama.

Metode reseller dan dropship ini masih sangat banyak yang mempraktekannya di marketplace terkenal di Indonesia.

2. Membuat Blog (menjadi seorang blogger).

 

Jenis bisnis online dengan modal minim lainnya adalah dengan cara menjadi seorang blogger.

Anda bisa membuat blog dengan modal minim, bahkan bisa dengan nyaris tanpa modal. Yaitu dengan cara membuat blog gratisan di platform blogspot atau wordpress.

Tugas anda sebagai seorang blogger adalah membuat artikel yang berkualitas dan bisa bermanfaat bagi orang banyak. Bila pengunjung blog anda telah ramai, maka anda bisa memonetisasi blog tersebut dengan cara mendaftar ke google adsense. Itulah salah satu cara menghasilkan uang dari blog.

Bila pengajuan pendaftaran anda diterima, maka nanti akan tayang iklan dari google di blog Anda. Nah dari setiap iklan yang di klik pengunjung itulah anda akan mendapatkan penghasilan dari blog anda.

3. Menjadi Seorang Fotografer Lepas.

 

Bila anda mempunyai bakat dan keahlian dibidang foto, maka anda bisa memanfaatkannya dengan menjadi fotografer lepas. Anda bisa menjual hasil karya foto anda ke situs yang khusus menerima foto yang punya nilai seni tinggi.

4. Merintis Usaha Jasa Desain Grafis.

 

Keahlian lainnya yang bisa anda tawarkan melalui online adalah di bidang jasa desain grafis.

Fee desain grafis ini tergolong lumayan bila karya anda punya nilai seni tinggi. Tapi tentunya anda harus punya skill yang mumpuni, terutama di bidang multimedia animasi.

Fee yang cukup tinggi memang layak untuk anda dapatkan, sebab untuk membuat hasil karya desain grafis yang berkualitas tidaklah mudah. Bahkan bisa jadi anda akan sering begadang untuk menyelesaikan pesanan dari client anda.

5. Menerima Job Jasa Admin Online.

 

Dengan semakin berkembangnya dunia toko online dan bidang internet lainnya, maka peluang menjadi admin adalah adalah salah satu yang patut untuk anda pertimbangkan.

Banyak sekali pemilik toko online yang tidak punya waktu untuk sendirian mengurus toko onlinenya. Oleh karena itu banyak diantara mereka yang menawarkan peluang pekerjaan sebagai admin toko online.

Toko online yang sudah besar tidak akan segan-segan untuk menawarkan gaji yang lumayan kepada admin yang mampu brkbeke secara profesional. Nah, tentu peluang pekerjaan ini sayang untuk anda lewatkan bukan? 😊

6. Menjadi Seorang YouTuber.

 

Jenis bisnis online modal kecil dengan untung besar yang sedang populer adalah menjadi Youtuber.

Saat ini lagi heboh-hebohnya orang ingin menjadi seorang youtuber. Hal ini tidak terlepas dari maraknya pemberitaan tentang beberapa YouTuber kondang yang mampu mendapatkan pendapatan dalam jumlah fantastis.

Diantara YouTuber kondang itu adalah Atta halilintar dan Ria ricis. Tentu saja tidak harus mencapai prestasi yang sama seperti mereka. Namun anda bisa memulai menjadi seorang YouTuber dari bawah terlebih dahulu. Bila anda tekun dan punya ciri khas, maka perlahan channel YouTube anda punya peluang untuk populer.

Jika kepopuleran telah didapatkan pada channel YouTube anda, maka pundi-pundi dollar akan siap untuk mengalir ke rekening anda. Tapi ingat! Kuncinya harus kerja keras dan konsisten! Karena saat ini persaingan di YouTube semakin ketat. Hanya orang-orang yang serius dan tekun saja yang punya peluang untuk bisa sukses di sana.

7. Menjadi Penulis Lepas.

 

Salah satu peluang bisnis online modal minim lainnya adalah dengan menjadi penulis lepas.

Jika Anda punya bakat di bidang tulis menulis, maka job sebagai penulis lepas ini bisa Anda pilih. Anda bisa mendaftar menjadi penulis di situs jasa penulis artikel. Apabila tulisan anda sangat bagus dan berkualitas, maka karya tulis Anda akan berpeluang diterima di situs terkenal atau portal berita di Indonesia.

Bayaran yang akan Anda peroleh terbilang besar jika tulisan anda bisa lolos di situs-situs besar tersebut. Untuk satu artikel yang tayang bisa di hargai senilai 300 ribu hingga 500 ribu rupiah.

Jika anda tergolong penulis yang aktif dan mampu meloloskan 2 hingga 3 tulisan per hari, maka tinggal di hitung saja perkiraan penghasilan yang akan Anda dapatkan.

Jadi gimana? Apakah anda tertarik untuk menjadi seorang penulis lepas? 😉

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *