Desain rumah dengan sirkulasi udara yang baik – Salah satu faktor terpenting untuk sebuah rumah yaitu adanya sirkuasi udara yang baik atau angin. Sirkulasi atau ventilasi ini merupakan kebutuhan paling utama yang dibutuhkan setiap pemilik rumah.

Hal tersebut dikarenakan ventilasi itu sendiri adalah alur atau jalannya sirkulasi udara sehingga para penghuni rumah tetap sehat dan tak akan kehabisan pasokan udara. Di samping itu ada banyak manfaat yang dihasilkan dari adanya ventilasi udara di rumah.

Ventilasi udara dapat menghilangkan berbagai macam gas yang berbahaya yang umumnya ditimbulkan oleh CO2 sebagai hasil pengeluaran proses pernafasan ataupun keringat, dapat menghilangkan panas berlebih di dalam ruangan, dapat membantu mengangkat uap air hasil dari berbagai aktivitas di dalam ruangan seperti memasak, dan tentu saja dengan sirkulasi udara yang baik dapat memberikan kenyamanan para penghuni rumah saat berada di dalam ruangan.

Tips Mendesain Rumah Agar Sirkulasi Udara Baik

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk membuat desain rumah dengan sirkulasi udara yang baik, seperti berikut ini :

  1. Ukuran Jendela dan Ventilasi Cukup

Untuk memperoleh sirkulasi udara yang baik dan cukup dalam ruangan, maka ventilasi yang Anda buat setidaknya berukuran minimal 5% terhadap jumlah total luas lantai dalam ruangan. Adapun penempatan ideal untuk pembuatan ventilasi ini sekitar 80 hingga 100 cm ukurannya dari letak langit-langit. Untuk pemasangan jendela rumah sendiri, jarak ideal jendela dengan letak lantai rumah sekitar 80 cm, sementara jarak ideal jendela dengan letak langit-langit sekitar 30 cm. Jika Anda memperhatikan semua aspek-aspek tersebut, maka sirkulasi udara di dalam ruangan pun tetap terjaga. Karena itulah rumah pun terasa lebih sejuk.

  1. Pastikan Ruangan Terhubung Dengan Ruang Terbuka

Penataan ruang dengan konsep ruang terbuka dapat disusun sesuai prinsip keleluasaan pandangan dan kemudahan pergerakan. Selain itu, prinsip tersebut secara tak langsung dapat mempengaruhi pergerakan pada pencahayaan maupun penghawaan di dalam ruangan. Melalui konsep desain rumah dengan sirkulasi udara yang baik pada poin ini dapat mempermudah pergerakan udara. Penataan ruang dalam rumah yang saling terhubung dengan ruangan di luar memudahkan arus sirkulasi udara sehingga bisa mendukung terjadinya cross ventilation.

Cross ventilation di sini yaitu konsep ruangan dengan adanya bukaan yang berasal dari 2 arah, yaitu bukaan pada arah belakang dan depan rumah. Peletakan bukaan yang ideal bisa memberikan jalur udara masuk serta berputar dalam ruangan, lalu membuang udara di dalam rumah.

  1. Manfaatkan Taman Dalam Ruang

Saat Anda melakukan desain rumah dengan sirkulasi udara yang baik, alangkah baiknya untuk memanfaatkan konsep taman dalam ruang. Konsep tanaman yang diletakkan di dalam ruangan ini bisa mengurangi senyawa-senyawa yang berbahaya sekaligus dapat menurunan polusi yang ada di dalam ruangan. Dengan adanya tanaman berukuran medium d dalma ruangan dapat membuat pengurangan senyawa kimia tertentu yang berbahaya, sekaligus membantu mengendalikan kadar CO2 di dalam rumah. Tak hanya membersihkan udara di dalam ruangan, fungsi menerapkan taman di dalam ruangan ini juga dapat meningkatkan mood para penghuni rumah. Anda bisa membuat tanam dalam ruang yang telah disertai void. Karena void dan taman dalam rumah ini bisa membantu melancarkan sirkulasi udara di dalam ruangan.

  1. Tanam Pepohonan Sebagai Peneduh

Dengan menanam pohon di depan rumah, tentu dapat mendatangkan banyak khasiat bagi penghuni rumah, salah satunya yaitu untuk memberikan tingkat kenyamanan suhu udara dengan meneduhi area lingkungan sekitarnya. Pohon peneduh rumah ini tak hanya bernilai estetik saja, tetapi juga menawarkan fungsi lain seperti menyaring udara serta menghasilkan oksigen untuk pernafasan. Adapun kriteria pohon peneduh halaman rumah diantaranya memiliki kemampuan menghasilkan oksigen dan menyerap CO2 yang tinggi, dapat tumbuh cepat, rimbun, memiliki akar kuat tapi tak merusak bangunan.

Itulah 4 tips desain rumah dengan sirkulasi udara yang baik yang dapat Anda terapkan untuk menciptakan suasana yang nyaman dan sehat dalam rumah Anda!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *